Friday, April 19, 2013

Sofjan Wanandi: Biaya Logistik RI Masih Sangat Tinggi

Surabaya - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) terus mengeluhkan biaya logistik yang tinggi di Indonesia. Sehingga industri dalam negeri tertinggal dari negara lain dalam hal efisiensi.

Ketua Apindo Sofjan Wanandi mengatakan selain regulasi, minimnya infrastruktur juga menjadi faktor penyebab ongkos industri jasa melambung tinggi.

"Cost logistic (biaya logistik) kita masih sangat tinggi mencapai 14%. Padahal di Jepang hanya 2%," kata Sofjan dalam jumpa pers di sela-sela pertemuan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di Hotel JW Marriot, Surabaya, Jumat, (19/4/2013).

Menurut Sofjan, banyak hal yang harus diperbaiki untuk mendorong pertumbuhan industri diantaranya dari sisi regulasi dan infrastruktur. Apindo telah mengusulkan kepada pemerintah agar ada prioritas pembenahan infrastruktur. "Listrik, gas atau infrastruktur lain, kita akan usulkan," ungkapnya.

Pria berkacamata ini juga mengungkapkan, pentingnya bagi Indonesia untuk mengejar negara maju dalam pertumbuhan industri. Sehingga Apindo menganggap komunikasi dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik sangat penting.

Menurutnya forum-forum seperti ini sudah diselenggarakan keempat kalinya dalam perhelatan APEC. Pada pertemuan tersebut, tidak hanya sekedar bertukar pikiran dengan negara lain, tapi juga memberikan masukan agar Indonesia tidak tertinggal dan bisa berkompetisi sama dengan negara maju.

"Termasuk mendukung usaha kecil menengah. Seperti memberikan informasi dan membuka akses pasar yang menguntungkan usaha kecil. Namun tetap mengakomodir industri besar," ujarnya.


Thanks for reading: Sofjan Wanandi: Biaya Logistik RI Masih Sangat Tinggi

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...