Wednesday, April 24, 2013

Kisah Sawahlunto yang Nyaris Menjadi 'Kota Hantu'

Sawalunto - Kota Sawahlunto di Sumatera Barat kini dikenal sebagai kota kaya bahan tambang dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Namun pada 2003, kota ini sempat dinilai sebagai kota hantu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat acara persemian Rusunawa Sawahlunto di Kota Sawahlunto Sumatera Barat, Rabu (24/4/2013).

"Tahun 2003 saat saya masih di DPR, ketua komisi energi selalu membahas bakal menjadinya Sawahlunto menjadi kota hantu, tidak adanya penghuni," kata Irwan.

Irwan beralasan, kondisi ini terjadi karena BUMN pertambangan yakni PT Bukit Asam Tbk (PTBA) ditarik dari kota Sawahlunto, sehingga tak lagi beroperasi. Hal tersebut berujung pada perkembangan kota tersebut, karena sebagian masyarakat menggantungkan pekerjaan di BUMN tersebut.

"Tidak berpenghuni, karena waktu itu PT BA (Bukit Asam) sudah ditarik, tidak ada lagi pekerjaan untuk masyarakat, karena. Waktu itu diputuskan PT BA menghentikan operasinya di sini," katanya.

Namun, pada tahun yang sama, dia mengapresiasi kepemimpinan Walikota Sawahlunto yang membalikkan keadaan. Hingga saat ini, Sawahlunto menunjukkan pertumbuhan yang terus membaik.

"Tapi saya mengapresiasi pak Wali (Walikota) membalikkan kota hantu tadi yang dikhawatirkan menjadi berpenghuni. Dan membuat Kota Sawahlunto angka kemiskinannya 2%, terendah se-Indonesia, di bawah Denpasar," jelasnya.

"Begitu banyak terobosan yang dilakukan" tutupnya.


Thanks for reading: Kisah Sawahlunto yang Nyaris Menjadi 'Kota Hantu'

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...