Thursday, April 25, 2013

Mari Elka Pangestu Gagal Jadi Dirjen WTO

Jakarta - Wakil Indonesia dalam pencalonan Direktur Jenderal World Trade Organization (WTO) yakni Mari Elka Pangestu tidak lolos, dan harus berhenti pada putaran kedua seleksi.

Sumber detikFinance di pemerintahan menyatakan, yang lolos dalam seleksi calon Dirjen WTO adalah wakil dari Brasil yaitu Roberto Carvalho de Azev�do dan wakil dari MeksikoHerminio Blanco. "Wakil dari Meksiko dan Brasil yang lolos," kata sumber tersebut seperti dikutip, Jumat (26/4/2013).

Hal ini diperkuat dari sumber AFP yang menyatakan, dengan terpilihnya wakil dari Meksiko dan Brasil ini, maka pertama kalinya WTO dipimpin oleh wakil dari negara maju.

Seperti diketahui, Mari Elka sebenarnya telah lolos dalam putaran pertama seleksi calon Dirjen WTO. Selain Mari Elka, empat calon lain yang bertarung dalam putaran kedua adalah, Tim Groser (New Zealand), Herminio Blanco (Mexico), Taeho Bark (Republic of Korea), dan Roberto Carvalho de Azev�do (Brazil).

Rencananya Dewan Umum WTO dalam sidang pada akhir 31 Mei 2013 akan menetapkan dirjen baru untuk mengantikan Pascal Lamy, yang masa tugasnya akan berakhir pada 31 Agustus 2013. Dirjen WTO yang baru akan memulai tugasnya secara resmi pada 1 September 2013. Sebagai informasi, akhir tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan WTO.



Thanks for reading: Mari Elka Pangestu Gagal Jadi Dirjen WTO

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...