Friday, April 26, 2013

Cegah Harga Makin 'Liar', Pemerintah Percepat Impor Daging Sapi

Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mempercepat proses importasi daging menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran. Cara ini dilakukan untuk menekan harga daging sapi yang sampai saat ini masih stabil tinggi.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Bachrul Chairi mengatakan sedang menggodok peraturan menteri perdagangan (Permendag) terkait aturan ini yang di dalamnya juga tercantum aturan daging segmen tertentu seperti prime cut seperti keperluan steak di restoran, juga penerapan sistem penerbitan izin impor satu atap.

"Kita lagi godok yang sekarang ini dan masih rapat marathon terus untuk rapat dengan Kementerian Pertanian kaitannya dengan yang daging ini termasuk prime cut, sistem satu atap dan kemajuan waktu," ungkap Bachrul saat berdiskusi dengan media di Kementerian Perdagangan Jakarta, Jumat (26/04/2013).

Di dalam peraturan ini nantinya ada beberapa hal yang akan dijelaskan salah satunya adalah perubahan HS (Harmonized System) untuk daging-daging kelas prime cut seperti untuk steak di restoran. Namun mekanisme ini akan dikoordinasikan dengan Kementerian Keuangan dan dapat diputuskan dalam waktu dekat.

"Mengeluarkan prime cutnya. Kita ada beberapa perubahan, HS nya diubah dan dikoordinasi dengan kementerian lain dan kementerian keuangan agar kita bisa merubah nomor HS prime cutnya. Saya harap bisa dalam waktu sangat dekat," katanya.

Ia berharap dapat secepatnya memberikan kepastian kepada dunia usaha untuk mempercepat importasi daging. Namun nantinya kebijaksanaan ini harus mendapatkan restu dari Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

"Kita majukan kemudian untuk bakalan kuartal 3 dan 4 dimajukan satu semester. Akan dimajukan ini keputusan Menko. Bersamaan dengan SK ini untuk antisipasi Lebaran jadi maju satu kuartal," katanya.

"Ya nanti kuartal 4 masuk ke kuartal 3 akhirnya nanti saat terakhir perlu direview apakah ada penambahan atau tidak. Syukur-syukur nggak ada penambahan. Kita ingin memberikan stabilisasasi yang harga ini yang ngga turun-turun sehingga pendekatan kita, ekonomi yaitu demand dan suplai yang ngga cocok ini," tuturnya. Begitu kita tingkatkan jumlahnya agar harganya bisa turun tetapi kita evaluasi terus. Harganya stabil kita tutup dulu," tandasnya.


Thanks for reading: Cegah Harga Makin 'Liar', Pemerintah Percepat Impor Daging Sapi

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...