Friday, April 26, 2013

Ini Tanggapan Gita Wirjawan Soal Gagalnya Mari Elka Jadi Dirjen WTO

Jakarta - Wakil Indonesia yaitu Mari Elka Pangestu tidak lolos dalam putaran kedua seleksi calon Direktur Jenderal World Trade Organization (WTO). Apa tanggapan pemerintah soal hal ini?

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, keberhasilan Mari masuk putaran kedua seleksi calon Dirjen WTO sudah menjadi kebanggan buat Indonesia.

"Beliau sudah ikut berjuang meletakkan dasar-dasar perdagangan multilateral yang terimplementasi berdasarkan peraturan yang jelas dan pasti. Beliau juga merupakan profesional yang telah dikenal di dunia internasional dengan latar belakang akademisi dan pengetahuan yang
luas mengenai perdagangan internasional. Beliau sangat percaya bahwa perdagangan merupakan salah satu mesin utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan," ungkap Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/4/2013).

Menurut Gita, dukungan kepada Mari tidak hanya datang dari Kementerian Perdagangan, melainkan juga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Luar Negeri. "Untuk itu, saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung pencalonan Mari Elka Pangestu tersebut," imbuhnya.

Menghadapi putaran final pemilihan Dirjen WTO, Gita mengajak semua anggota WTO untuk menentukan pilihan terbaik dari kandidat yang ada. Ada tugas berat yang harus diemban oleh Dirjen WTO terpilih, diantaranya memfasilitasi penyelesaian Putaran Doha serta membantu menciptakan sistem perdagangan multilateral yang adil bagi semua negara.

"Siapapun yang terpilih menjadi Dirjen WTO yang baru, saya yakin bahwa Mari Elka Pangestu akan tetap berkontribusi dalam pembangunan perdagangan baik lingkup nasional maupun internasional melalui forum-forum lain. Selain itu, Indonesia juga akan tetap memegang komitmen dan terus berperan secara aktif mengawal upaya-upaya perbaikan sistem perdagangan multilateral di bawah WTO dan mengajak seluruh anggota maupun Dirjen WTO yang akan terpilih nanti untuk menyukseskan Konferensi Tingkat Menteri (KTM) WTO ke-9 di Bali, bulan Desember 2013," tandasnya.


Thanks for reading: Ini Tanggapan Gita Wirjawan Soal Gagalnya Mari Elka Jadi Dirjen WTO

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...