Thursday, April 25, 2013

6 Juta Lagu/Hari Diunduh Ilegal, Pengusaha Rekaman Resah

Jakarta - Banyak masyarakat Indonesia secara tidak sadar mengunduh (download) lagu secara ilegal via internet. Hal ini membuat pelaku usaha industri rekaman resah.

Menurut Anggota Dewan Pengurus Asosiasi Industri Rekaman Indonesia Jusak Irwan Sutiono mengatakan setiap hari ada 6 juta lagu Indonesia diunggah secara ilegal. Dampaknya negara mengalami kerugian yang cukup besar.

"Ada penjualan download lagu Indonesia secara ilegal sebesar lebih dari 6 juta lagu. Misalnya 1 lagu harganya Rp 3.000 maka potensi kerugian Indonesia alias industri musik per hari sebesar Rp 16 miliar/hari," ungkap Jusak saat diskusi interaktif di Gedung Kementerian Perindustrian Jakarta, Kamis (25/04/2013).

Dampak dari kegiatan ilegal ini, menurutnya sebanyak 20 situs ilegal ditutup Menkominfo. Salah satu nama besar yang ditutup operasionalnya adalah 4Shared.com dan Gudang Lagu.com.

"20 situs ilegal ditutup Menkominfo. Salah satu nama besar yang ditutup operasionalnya adalah 4Shared.com dan Gudang Lagu.com. Tetapi saat ini kita sudah melakukan pembicaraan dengan 4Shared.com," katanya.

Mekanisme kontrol industrialisasi musik di tanah air dinilai masih cukup rendah. Salah satu konsep yang menguntungkan industri musik tanah air sebenarnya ada pada konsep Ringback Tones pada handphone. Namun konsep ini seperti mati suri karena adanya isu pencurian pulsa.

"Rekaman RBT pernah menembus 27 juta pengguna tetapi sekarang tinggal 2 juta pengguna RBT karena kasus pencurian pulsa sehingga industri ini sudah meninggal," tuturnya.

Kemudian pihaknya juga sedang melakukan penggodokan peraturan terkait penerapan pembayaran satu judul musik di tempat karaoke. Cara ini penting dilakukan untuk melindungi hak kekayaan intelektual musik di tanah air.

"Di tempat karaoke akan dibayarkan per lagu. Ini pertama kali di dunia dan kita akan kontrol pemutaran musiknya. Artis dan pencipta lagu bisa kontrol ini. Kita sudah sepakat. Ini akan menolong industri rekaman dan stakeholder," jalasnya.


Thanks for reading: 6 Juta Lagu/Hari Diunduh Ilegal, Pengusaha Rekaman Resah

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...