Thursday, April 25, 2013

Cerita Agus Marto yang Kaget Diberhentikan Tiba-tiba oleh SBY di Washington

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengeluarkan surat keputusan pemberhentian Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan pada 18 April 2013. Saat itu Agus Marto yang sedang di Washington DC menghadiri pertemuan Bank Dunia dan G20 kaget.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alishjabana ternyata sedang mendampingi Agus Marto saat itu. Armida menceritakan tentang kagetnya Agus Marto mendengar keputusan presiden soal pemberhentian dirinya sebagai Menkeu yang tiba-tiba.

"Kita bersama mewakili pemerintah Indonesia untuk pertemuan Internasional, juga ada di sana Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang Brdjonegoro," ungkapnya di Warung Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2013).

Saat itu Armida sampai di Washington DC, Amerika Serikat pada Kamis 18 April 2013 sore. Sementara Agus Marto sudah datang lebih dulu pada siang harinya.

"Itu biasa ya, datang terus kita ada pertemuan dengan negara-negara G20 dan malamnya istirahat kan tidur," jelasnya.

Pada Jumat pagi, secara mendadak Presiden SBY mengeluarkan keputusan. Ia mengaku bersama Agus Marto pun kaget. Sebab tidak mengetahui kabar sebelumnya.

"Jumat pagi semua kaget tahu berita itu beliau langsung pulang, saya nambah satu hari disana" sebut Armida.

Menurutnya tidak ada pilihan lain yang dimiliki Agus Marto, yang akan menghadiri acara penting mewakili Indonesia hingga 5 hari ke depan.

"Jadi baru satu malam, beliau dapat berita, beliau balik," jawabnya.

Armida langsung menggantikan posisi Agus Marto untuk pertemuan Bank Dunia. Kemudian untuk pertemuan tambahan dengan negara-negara G20 diwakilkan oleh Plt Kepala BKF Bambang Brodjonegoro.

"Saya menggantikan beliau. Tapi saya tidak menggantikan menkeu tapi mengantikan posisi pemerintah di pertemuan Worlbank. Jadi ada G20 dan ada World Bank itu dikasih ke Bambang Brodjo yang World Bank ke saya," tutupnya.
Pemberhentian Agus Marto memang dinilai tiba-tiba karena sebelumnya pihak istana menyatakan Agus Marto akan terus menjadi Menkeu hingga dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) pada Mei 2013.

Seperti diketahui, Presiden SBY resmi menunjuk Menko Perekonomian Hatta Rajasa sebagai Plt Menteri Keuangan lewat Keputusan Presiden Nomor 45/M Tahun 2013 yang ditandatangani Jumat 19 April 2013.

Presiden SBY juga mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 44/M Tahun 2013 yang memberhentikan Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan setelah dipilih menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI).

Thanks for reading: Cerita Agus Marto yang Kaget Diberhentikan Tiba-tiba oleh SBY di Washington

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...