Wednesday, April 24, 2013

Djoko Kirmanto Gandeng BUMN 'Kakap' Garap Jembatan Selat Sunda

Padang - Pemerintah akan mengikutsertakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) besar dalam pembangunan proyek Jembatan Selat Sunda (JSS). Pemerintah terus mengejar target pembangunan proyek Jembatan Selat Sunda agar bisa terlaksana mulai 2014.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menegaskan, ia telah mengusulkan kepada Tim 7 yang secara khusus membahas proyek ini, agar BUMN dapat berkontribusi dalam pembangunan JSS. Tim 7 yang terdiri dari Menteri Pekerjaan Umum dengan anggota Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Perindustrian, Sekretaris Kabinet, dan Kepala Bappenas ditunjuk oleh Presiden SBY.

"Kita menggunakan sistem yang share-nya swasta sebagian besar diambil oleh BUMN kita. Itu yang saya usulkan," kata Djoko kepada detikFinance di Bandara Minangkabau, Sumatera Barat, Rabu (24/4/2013).

Ia mengatakan, BUMN manapun bisa diikutsertakan dalam proyek ratusan triliun rupiah ini. Asalkan, BUMN tersebut kuat dari segi finansial atau pembiayaan, atau BUMN tersebut berperan sebagai investor dalam proyek ini.

"BUMN nya itu bisa Pertamina, bisa Angkasa Pura, semua BUMN yang besar-besar malahan. Yang penting uangnya," kata Djokir.

Menurutnya tak sembarangan BUMN dapat ikut serta dalam proyek ini. Hal ini merupakan proyek yang sangat besar, menurutnya, Direksi dari BUMN tersebut nantinya harus dapat bertanggung jawab atas proyek ini.

"Garuda boleh, Telkom boleh, jadi sebagai pemegang saham. Tapi nanti Direksinya direksi yang hebat betul untuk bertanggung jawab terhadap proyeknya nanti," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa juga menyebutkan, proyek ini rencananya tidak akan menggunakan dana dari APBN. Pemerintah berusahaa untuk mengkombinasikan biaya perusahaan BUMN dan swasta.

"Kita nggak dari APBN kah ya, mungkin bisa dikombinasikan BUMN dan swasta," kata Hatta beberapa waktu lalu.



Thanks for reading: Djoko Kirmanto Gandeng BUMN 'Kakap' Garap Jembatan Selat Sunda

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...