Sunday, April 21, 2013

Ini Alasan Presiden SBY Tunjuk Hatta Rajasa Sebagai Plt Menkeu

Jakarta - Pekan lalu, Presiden SBY telah mengeluarkan keputusan untuk menunjuk Menko Perekonomian Hatta Rajasa sebagai pelaksana tugas sementara (Plt) Menteri Keuangan, menggantikan Agus Martowardojo yang telah diberhentikan secara hormat. Apa alasan SBY menunjuk Hatta?

Juru Bicara Kepresidenan Julian Pasha mengatakan, Presiden SBY menunjuk Hatta sebagai Plt Menkeu karena sebagai Menko Perekonomian, Hatta dianggap paling tepat, meskipun latar belakang Hatta sebagai ketua partai politik.

"Dengan pertimbangan Hatta sebagai Menko, jadi semua urusan di Kementerian Keuangan atau hal teknis lainnya di bawah koordinasi dari Menko. Karena sifatnya sementara, maka Pak Hatta dianggap paling tepat untuk jalankan tugas sebagai Menkeu," ujar Julian saat melepas Presiden SBY Yang akan melakukan kunjungan ke Singapura di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Penunjukan Hatta sebagai Plt Menkeu memang di luar kebiasaan, karena selama ini Menkeu berasal dari kalangan profesional. Julian mengatakan, tak masalah Hatta memiliki latar belakang sebagai politisi, karena jabatan ini hanya sementara.

"Kami tidak terlalu beralasan, karena ini situasi bukan secara definitif dijalankan. Ini seperti Pak Agung Laksiono sebagai Menko Kesra menjalankan tugas di Kemenpora. Dan tidak ada masalah untuk itu, kalau ada pandangan kalau ini dijabat dan dikaitkan dengan posisi sebagai ketum parpol tentu ini tidak ada kaitannya, karena PAN sendiri kan tidak terkait langsung dengan urusan Kemenkeu sendiri," papar Julian.

Jadi penunjukan Hatta ini hanya sementara sampai Presiden SBY menunjuk Menteri Keuangan yang baru. Agus Marto sudah diberhentikan dengan hormat oleh Presiden SBY pekan lalu, dan segera menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI). Siapa Menkeu baru yang akan dipilih?

"Beliau sedang pertimbangkan sekarang. Jelas sudah ada nama-nama yang dipertimbangkan beliau. Nanti yang jelas akan diumumkan saat beliau sudah menetapkan,"jawab Julian.


Thanks for reading: Ini Alasan Presiden SBY Tunjuk Hatta Rajasa Sebagai Plt Menkeu

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...