Sunday, April 21, 2013

SBY Berhentikan Menkeu Agus Marto Saat Sedang di Washington, Kenapa?

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pekan lalu memberhentikan dengan hormat Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan. Padahal Agus Marto sedang mewakili Indonesia dalam pertemuan IMF-Bank Dunia di Washington. Ada apa?

Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan, pemerintah berpikir harus segera ditunjuk menteri keuangan baru pasca resmi ditunjuknya Agus Marto sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) oleh DPR. Meskipun Agus Marto baru akan dilantik Mei 2013 nanti, sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Gubernur BI saat ini yaitu Darmin Nasution.

"Itu kan sangat banyak, apalagi masalah-masalah anggaran bisa mandek semua kalau nggak ada, harus menterinya kan? Untuk itu perlu ada segera yang menindaklanjuti hal-hal yang sudah menjadi program," ujar Sudi saat menjawab pertanyaan mengapa Agus Marto diberhentikan saat sedang di Washington.

Sudi menjawab ini usai mengantar Presiden SBY yang akan berkunjung ke Singapura, di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Jadi, ujar Sudi, status Agus Marto saat sedang menghadiri pertemuan yang bernama 'Spring Meeting' di Washington, bukanlah sebagai Menteri Keuangan.

"Sudah diberhentikan dari menteri, kan dia tinggal menunggu dilantik jadi Gubernur BI," cetus Sudi.

Presiden SBY resmi menunjuk Menko Perekonomian Hatta Rajasa sebagai Plt Menteri Keuangan lewat Keputusan Presiden Nomor 45/M Tahun 2013 yang ditandatangani Jumat 19 April 2013.

Presiden SBY juga mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 44/M Tahun 2013 yang memberhentikan Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan setelah dipilih menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI).


Thanks for reading: SBY Berhentikan Menkeu Agus Marto Saat Sedang di Washington, Kenapa?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...