Wednesday, April 17, 2013

Dubes: Jerman-RI Masuki Tingkat Kemitraan Strategis

Muenchen - Hubungan bilateral Jerman-Indonesia telah menunjukkan kepercayaan sangat kuat dan kedekatan hubungan sampai pada mitra strategis.

Demikian disampaikan Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman Dr. Eddy Pratomo seusai upacara pembukaan Bauma 2013, sebuah pameran khusus perdagangan terbesar di dunia untuk mesin-mesin konstruksi, mesin berat dan ringan untuk pembangunan, pertambangan, dan alat-alat transportasi-logistik di Muenchen, Jerman.

"Terpilihnya Indonesia sebagai negara mitra di Bauma dan sebelumnya pada pameran pariwisata internasional ITB Berlin, menunjukan kepercayaan kuat pihak Jerman pada Indonesia. Hal ini juga menunjukan kedekatan hubungan bilateral Indonesia dan Jerman sebagai mitra strategis," ujar Dubes.

Menurut Dubes, partisipasi Indonesia sebagai negara mitra Bauma 2013 telah menjadi salah satu elemen penting kemitraan komprehensif Indonesia-Jerman yang tertuang dalam Deklarasi Jakarta dan diluncurkan oleh kepala pemerintahan kedua negara pada saat kunjungan Kanselir Angela Merkel ke Indonesia, 10-11 Juli 2012.

"Partisipasi Indonesia ini merupakan highlight kemitraan kedua negara dalam kerjasama di bidang infrastruktur, yang menjadi salah satu fokus kegiatan bilateral Indonesia-Jerman di tahun 2013," tandas Dubes.

Terbesar

Pameran Bauma yang merupakan terbesar di dunia tersebut diadakan tiga tahun sekali selama 7 hari di M�nchen. Pada tahun 2010, Bauma berhasil menarik lebih dari 3.000 eksebitor dan sekitar 415.000 pengunjung manca negara.

Tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke-30 dan akan berlangsung pada tanggal 15 April - 21 April 2013 dan diikuti oleh lebih dari 3.400 eksebitor dari 57 negara.

Pameran diselenggarakan di atas lahan seluas 570.000 m2 di New Munich Trade Fair Centre, yang terletak di sebelah Tenggara kota Muenchen.

Menurut Counsellor Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Berlin Ayodhya Kalake kepada detikfinance, Indonesia menempati joint pavilion (East Entrance Messe Munich lantai 1) seluas 69m2, yang diisi materi peluang investasi infrastruktur, industri material, dan peralatan konstruksi serta pertambangan.

"Bauma Muenchen 2013 dapat dimanfaatkan Indonesia untuk promosi kepada dunia internasional bahwa Indonesia saat ini sedang membangun dan merupakan tujuan investasi sangat menarik dan prospektif," tutur Kalake, Rabu (17/4/2013).

Lanjut Kalake, Bauma juga merupakan platform kuat untuk mengembangkan dan memperkuat jaringan bisnis antar perusahaan Indonesia dan internasional.

Indonesia dapat memanfaatkan Bauma Muenchen 2013 untuk mendorong investasi bagi pembangunan infrastruktur dan pertambangan serta industri peralatan konstruksi dan pertambangan.

Perusahaan Indonesia yang bernaung di bawah Kadin, Asosiasi Kontraktor Indonesia, Asosiasi Pertambangan Indonesia, Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia, Asosiasi Perusahaan Pengelola Alat Berat/Alat Konstruksi Indonesia, Ikatan Ahli Pracetak Prategang Indonesia, Asosiasi Aspal Beton Indonesia dan Himpunan Industri Alat Berat Indonesia diharapkan dapat memanfaatkan peluang untuk menjalin hubungan bisnis dan kerjasama di bidang pembangunan infrastruktur dengan perusahaan Jerman dan mancanegara.

Selain itu, sebagai rangkaian kegiatan di pameran Bauma, juga diadakan Indonesia Student Day yakni pertemuan antara mahasiswa Indonesia di Jerman dengan pihak industri Jerman di bidang konstruksi, mesin dan alat berat, Selasa (16/4/2013).

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk memberi kesempatan bagi mahasiswa Indonesia yang mencari lowongan sebagai tenaga terampil di perusahaan-perusahaan Jerman terkait.

Sementara itu untuk memberikan informasi kepada pihak industri Jerman yang ingin berinvestasi di Indonesia, diadakan Indonesia Business Day, hari ini Rabu (17/4/2013).

Narasumber dihadirkan dari Kantor Menko Perekonomian, Kementerian PU, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, BKPM, Asosiasi Kontraktor Indonesia, KADIN, ASPINDO, EKONID dan pihak swasta nasional maupun Jerman.


Thanks for reading: Dubes: Jerman-RI Masuki Tingkat Kemitraan Strategis

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...