Wednesday, September 18, 2013

RI Pengekspor Karang Hias Terbesar di Dunia

Jakarta - Indonesia ternyata saat ini menjadi pengekspor Koral atau karang hias terbesar di dunia. Umumnya karang hias ini diekspor ke Eropa dan Amerika Serikat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Suseno di acara diskusi perikanan non-konsumsi di Gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta, Rabu (18/9/2013).

"Terbesar ekspor karang hias di dunia itu Indonesia. Kemudian disusul yang kecil seperti Fiji. Memang sedikit yang tahu," ucap Suseno.

Koral hias umumnya merupakan hasil transplantasi dan alam. Suseno menjelaskan Indonesia mampu memproduksi karang hias ramah lingkungan. Untuk negara tujuan ekspor terbesar berasal dari Amerika Serikat.

"Terumbu karang hitung per pieces. Pasar tertinggi Amerika kemudian Eropa. Meskipun Eropa dikit tapi lebih ke arah value," terangnya.

Di tempat yang sama, Direktur Eksekutif Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia (OKKII) Indra Wijaya menjelaskan, saat ini Indonesia memproduksi 49 jenis coral transplantasi dan alam jumlahnya relatif dibatasi. Ukuran maksimal yang boleh diekspor berkisar 25 cm.

"Yang dijual keindahannya jadi diambil hati-hati. Ukuran maksimum 25 cm. Produk bentuk akuarium," jelasnya.

Diakuinya coral alam lebih mudah dihasilkan daripada koral transplantasi. Diproyeksi produksi koral Indonesia mencapai 1 juta pieces di 2013. "Perkiraaannya 1 juta pieces dengan harga $5 per pieces," sebutnya.


Thanks for reading: RI Pengekspor Karang Hias Terbesar di Dunia

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...