Wednesday, September 18, 2013

Warga Korban Letusan Gunung Sinabung Tetap Panen Sayuran

Kabanjahe - Kendati masih berstatus pengungsi, sejumlah warga Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) tetap melaksanakan panen di ladang mereka. Panen dilakukan untuk antisipasi kerugian lebih besar.

Peppy Sitepu (31) terlihat memanen tanaman kolnya, Rabu (18/9/2013) siang, di Desa Sigarang-garang, Kecamatan Naman Teran. Dengan membawa sejumlah pekerja atau aron, mereka memanen kol yang sudah sudah berselimut abu vulkanik yang bersumber dari letusan Gunung Sinabung.

“Ini tidak rusak kolnya. Hanya saja lapisannya harus dibuka lebih banyak dibanding biasa. Bagian dalamnya bersih,” kata Sitepu usai memanen kolnya.

Selain yang di Sigarang-garang, Sitepu juga memanen sayurannya jenis yang lain yang ada di desa yang lain lagi. Panen harus dilakukan karena sudah masanya, walau kondisinya mulai rusak. Ada juga yang dipanen karena menghindari kerusakan yang lebih parah.

“Kalau untung, sepertinya tidaklah. Merugi yang mungkin, ini pun kalau bisa balik modal sudah bagus,” kata Sitepu.

Selain Sitepu, ada banyak petani lainnya yang melaksanakan panen dipercepat. Para petani yang umumnya berstatus sebagai pengungsi, akan meninggalkan pengungsian pada siang hari untuk kembali ke rumah, memantau ladangnya. Mereka memanen apa yang bisa dipanen.

Kepala Dinas Pertanian Agustoni Tarigan menyatakan, pihaknya masih belum bisa memastikan berapa banyak areal pertanian yang rusak. Mereka masih belum memegang data pasti.

“Saat ini proses pendataan masih berlangsung,” kata Tarigan kepada wartawan.


Thanks for reading: Warga Korban Letusan Gunung Sinabung Tetap Panen Sayuran

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...