Wednesday, September 18, 2013

Ikan Hias Asal RI Laris Manis Meski Harganya Ratusan Juta

Jakarta - Ikan hias asal Indonesia cukup laris di pasar luar negeri meskipun harganya selangit. Bahkan untuk katagori ikan air tawar jenis arwana super red bisa dihargai ratusan juta rupiah.

"Arwana bisa sampai ratusan juta rupiah karena hobi ini nggak terukur," ucap Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebiyakto di diskusi perikanan non-konsumsi, Gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta, Rabu (18/9/2013).

Diakuinya, Indonesia banyak mengekspor jenis ikan air tawar dan ikan laut hias ke luar negeri. Umumnya ikan hias dipasarkan ke Asia, Amerika Serikat hingga Eropa.

Di tempat yang sama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia KKP Suseno menjelaskan Indonesia dikenal sebagai penghasil ikan hias berkualitas tinggi.

Bahkan ikan hias asal luar negeri ketika dikembangkan di Indonesia, kualitasnya lebih bagus dari produksi negara asalnya. Seperti arwana dan koi.

"Ikan mutu Indonesia tinggi. Ikan black ghost diproduksi di Indonesia lebih banyak. Ikan koi di Sumenep harganya Rp 300 ribu sampai Rp 11 juta per ekor," jelasnya.

Pada tahun 2013, ekspor ikan hias Indonesia mencapai 1,1 miliar ekor. Proporsi ekspor ikan hias air laut mencapai 20% dari total ekspor ikan hias.


Thanks for reading: Ikan Hias Asal RI Laris Manis Meski Harganya Ratusan Juta

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...