Wednesday, September 18, 2013

Ini Kentungan Berinvestasi Peternakan di Australia

Bogor - Kementerian Pertanian (Kementan) mengungkapkan keuntungan yang didapat bila berbisnis peternakan di Australia. Australia dinilai sebagai tempat yang baik untuk berinvestasi sapi saat ini.

"Kalau di Australia itu ladang pengembalaan sapinya sangat luas. Luas lahan satu petani itu bisa mempunyai 1,2 juta hektar lahan. Sehingga sapi di sana bisa dilepas begitu saja," ungkap Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Syukur Iwantoro saat berdiskusi dan seminar nasional di Botani Square Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/9/2013).

Dengan dilepasnya sapi, maka ada pengurangan biaya pakan ternak. Alasannya karena sapi memakan gratis rumput dari lahan yang disediakan. Selain itu, sapi mudah melakukan reproduksi dan berkembang biak.

"Oleh karena itu biaya pakan itu hanya maksimal 10% karena makan sendiri sapinya. Keunggulan lain adalah pembibitan," imbuhnya.

Berbeda dengan Australia, pengembangan lahan sapi di Indonesia banyak terkendala Hak Guna Usaha (HGU). Indonesia dinilainya hanya cocok untuk tempat penggemukan sapi.

"Yang jelas, kendala di Indonesia itu karena status lahan. Kalau penggemukan kita lebih unggul dibandingkan mereka (Australia)," imbuhnya.

Syukur sendiri tidak mempermasalahkan dua perusahaan BUMN yaitu PT RNI (Persero) dan PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk berbisnis sapi di Australia.

"Semua perusahaan pastinya mempunyai rencana bisnis, sepanjang itu bagus niatnya dan baik, kita dukung aja. Hanya saja, ekspor impor tetap berjalan seperti biasa," katanya.

Namun ia menjelaskan, lebih baik kedua perusahaan pelat merah itu tetap mengembangkan bisnis sapinya di Indonesia. Hal ini karena pakan ternak sapi yang banyak terutama PT RNI yang memproduksi tebu dan bisa dijadikan pakan ternak.

"Kalau RNI basisnya tebu, kalau sapi tebu dengan luasan yang cukup luas itu lebih mendukung. Karena pakan akan berlimpah," cetusnya.

Thanks for reading: Ini Kentungan Berinvestasi Peternakan di Australia

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...