Monday, June 10, 2013

BI: Dolar AS Ditutup Rp 9.815

Jakarta - Bank Indonesia (BI) angkat bicara mengenai anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang sempat menembus Rp 10.000/US$. Pelemahan nilai tukar juga terjadi pada mata uang di kawasan regional.

BI menegaskan, dolar hari ini masih stabil di angka Rp 9.800-an. "Nilai tukar rupiah hari ini ditutup di angka Rp 9.815 per dolar AS. Rupiah masih stabil," terang Direktur Eksekutif Direktorat Humas BI Difi Johansyah kepada detikFinance, Senin (10/6/2013).

Menurut Difi, penguatan dolar AS memang terjadi terhadap mata uang lainnya di kawasan ASEAN. Di sisi lain, BI memandang di pertengahan tahun rupiah memiliki tren melemah akibat pembayaran utang luar negeri dari swasta.

"Jadi ini memang musiman. Ada pembayaran utang luar negeri yang banyak membutuhkan pasokan dolar," tegas Difi.

Lebih jauh Difi menjelaskan, dalam melihat nilai tukar rupiah sebaiknya masyarakat melihat acuan kurs bank sentral langsung. Antara lain melihat acuan Jakarta Interbank Spot Dolar (Jisdor).

"Lihat kurs Jisdor BI yang setiap harinya di-update pada pukul 10.00 pagi," katanya.

"BI tetap siaga ada di pasar menjaga kestabilan nilai tukar rupiah," imbuh Difi.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah siang tadi sempat mendekati level Rp 10.000/US$. Kemudian pada sore hari sempat menembus level Rp 10.000/US$ dan ditutup kembali di kisaran Rp 9.815/US$ sesuai dengan pernyataan BI.


Thanks for reading: BI: Dolar AS Ditutup Rp 9.815

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...