Wednesday, June 26, 2013

Menhub Minta Pengusaha Cepat Cairkan THR Agar Mudik Lancar

Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan mendesak kalangan perusahaan swasta agar segera memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya. Kebijakan ini diyakini bisa memperlancar arus mudik Lebaran 2013 karena pekerja bisa mempercepat kegiatan mudiknya lebih awal.

"Jadi semoga perusahaan cepat menyalurkan THR. Karena bagi karyawan itu ketika menerima THR cepat. Jadi biasanya setelah ada THR langsung bergerak semua," ungkapnya usai rapat koordinasi dengan Kementerian PU dan Polri di Gedung Kemenhub, Rabu (26/6/2013)

Arus mudik dan balik diperkirakan tejadi selama 16 hari, pada waktu sebelum adan sesudah Lebaran, mulai dari tanggal 1-16 Agustus. Liburan mudik kali ini masa Lebaran terpanjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Jadi tanggal 1 Agustus itu sudah bergerak. Karena Kamis dan Jumat waktu Lebaran, jadi sebenarnya dari Kamis tanggal 1 Agustus sudah bisa libur, Kemudian dari Senin tanggal 5 sudah mulai cuti bersama. Jadi panjang kan waktunya," kata Mangindaan.

Sementara itu Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengaharapkan hal itu terjadi. Tujuannya dapat menghindari kepadatan saat puncak arus mudik maupun arus balik.

"Tahun ini kan masa lebarannya lebih lama, jadi artinya kita harapkan puncak tidak padat dan jadi lebih rata. Variabelnya cuma 1, kita harapkan perusahaan dapat segera bayar THR secepat mungkin karena jika masyarakat dapat THR pasti mereka langsung pergi (pulang mudik)," katanya.

Untuk arus balik, diperkirakan akan berakhir sebelum tanggal 17 Agustus 2013. Sebab, pada tanggal 19 Agustus jadwal kerja secara serentak sudah dimulai.


Thanks for reading: Menhub Minta Pengusaha Cepat Cairkan THR Agar Mudik Lancar

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...