Thursday, June 27, 2013

Ini Alasan Vietnam Belajar Gali Batubara ke RI

Jakarta - Vietnam akan belajar cara melakukan eksplorasi batubara ke Indonesia, kesepakatan ini melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) antara Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo dengan Wakil Menteri Industri dan Perdagangan Vietnam Nguyen Cam.

Apa alasan Vietnam belajar ke Indonesia?

Wamen ESDM Susilo mengaku, pemerintah Vietnam tertarik untuk belajar karena Indonesia dinilai sukses dalam mengoptimalkan Sumber Daya Mineral (SDM), terutama batubara.

"Mereka menilai kita cukup berhasil dalam mengeksplorasi batubara," kata Susilo usai penandatanganan Mou di Hotel Indonesia Kempinsky, Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Menurutnya, kesuksesan itu terlihat pada predikat Indonesia sebagai salah satu eksportir batubara terbesar di dunia. Catatannya, Susilo menyampaikan ada 340 juta ton yang diekspor Indonesia setiap tahunnya.

"Karena kita sekarang menjadi eksportir batubara besar. Ada ekspor 340 juta ton. Makanya mereka mau belajar cara eksploitasi batubara dengan baik," sebutnya.

Selain itu, kata Susilo pemerintah Vietnam juga melihat hasil kerja yang baik dari perusahaan Indonesia yang telah melakukan eksplorasi. Salah satunya adalahPT Adaro Energy Tbk.

"Yang sekarang dieksplorasi disana itu kan batubara. Adaro juga sudah di sana. Mungkin jadi contoh bagus kan di sana," ungkap Susilo.


Thanks for reading: Ini Alasan Vietnam Belajar Gali Batubara ke RI

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...