Thursday, June 27, 2013

Hotel dan Penginapan di Bali Siap Tampung 15 ribu Peserta APEC

Medan - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Corporation yang akan digelar di Bali awal Oktober nanti diperkirakan akan dihadiri 15 ribu orang. Penginapan dan hotel di Bali telah siap menampung para peserta dan tamu undangan acara akbar tersebut.

Sekretaris Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Ratu Silvy mengatakan, beberapa tamu yang akan hadir di gelaran APEC tersebut terdiri dari pejabat pemerintahan anggota APEC, delegasi, Chief Executive Officer, Media, juga para tamu undangan yang terdaftar.

"Delegasi sekitar 5.000. Media banyak juga 3.500 orang dari berbagai media luar dan dalam negeri. Total sekitar 15.000 perkiraannya karena kita melihat dari host economy yang lain, kita melihat pertemuan seperti sebelumnya di Rusia, Amerika, Jepang, Australia," kata Ratu Silvy kepada detikFinance di Santika Dyandra Hotel, Medan, Kamis (27/6/2013).

Dia mengatakan, seperti gelaran acara akbar yang sudah dilakukan sebelumnya, Bali memiliki infrastruktur penginapan yang cukup menampung orang hingga puluhan ribu. Salah satunya adalah United Nation Framework Convention on Climat Change pada Desember 2007 di Bali.

"Penginapan secara infrastruktur bali punya pengalaman. Alhamdulillah selama ini, mereka siap menampung para tamu. Contohnya waktu UNFCCC lebih dari 10 ribu orang yang datang alhamdulillah bisa terakomodasi," katanya.

Dia juga mengatakan, tidak ada pemblokiran atau larangan jika para wisatawan atau masyarakat umum hendak menginap di Bali saat KTT berlangsung. Penginapan para delegasi dari para peserta APEC yang jumlahnya diperkirakan sekitar 5.000 lebih sudah dialokasikan.

"Biasanya mereka juga sudah melakukan block sytem akomodasi, Untuk hotel berlaku hukum first come first serve ya. Kalau untuk akomodasi per ekonomi memang sudah ada alokasinya. Di luar itu, untuk umum ini siapa yang duluan. Tapi untuk ekonomi sudah dialokasikan. Itu nanti konsentrasinya sekitar nusa dua. Penginapannya di mana saja ya," paparnya.


Thanks for reading: Hotel dan Penginapan di Bali Siap Tampung 15 ribu Peserta APEC

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...