Thursday, June 27, 2013

Saham Semen Baturaja Sempat Tembus Rp 700 per Lembar

Jakarta - Saham PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) pada perdagangan perdananya dibuka naik tipis Rp 30 ke posisi Rp 590 per saham dari harga penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di harga Rp 560 per lembar.

Saham perusahaan plat merah ini sempat menembus level tertingginya di angka Rp 700 per saham dan menyentuh level terendah Rp 580 per saham dengan frekuensi perdagangan 574 kali dengan volume transaksi 59 ribu lot dengan nilai Rp 20 miliar.

Direktur Utama Semen Baturaja Pamudji Rahardjo mengatakan, pencatatan saham ini merupakan realisasi dari komitmen perseroan untuk menjadi sebuah perusahaan publik dengan memperdagangkan sahamnya di lantai bursa.

"Pencatatan saham Baturaja ini merupakan peristiwa yang sangat bersejarah sekaligus menjadi tantangan baru untuk kami. Keberhasilan ini mendorong kami untuk bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan kinerja lebih baik. Hanya dengan cara itulah kami bisa membayar kepercayaan investor," ungkapnya saat acara pencatatan perdana sahamnya, di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Anak usaha PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) itu melepas 2,337 miliar saham atau setara 23,76% saham ke publik. Perusahaan pelat merah itu meraih dana segar hingga Rp 1,3 triliun lewat IPO tersebut.

Dari jumlah itu, sebanyak 0,82% atau setara 19,168 juta lembar ditawarkan untuk program employee stock allocation (ESA) dan 162.321.500 saham atau 1,65% untuk program management and employee stock option plan (MESOP).

Seluruh dana hasil IPO akan digunakan untuk pembangunan pabrik semen dengan rincian sekitar 25% untuk pengadaan dan pengembangan lahan, sekitar 70% untuk pembelian mesin dan peralatan utama. Sisanya sekitar 5% untuk peralatan elektronik dan otomasi serta engineering dan desain.

Perusahaan semen pelat merah ini merupakan emiten ke-17 yang melantai di bursa tahun ini setelah PT Pelayaran Nasional Bina Buana Raya Tbk (BBRM), PT Saraswati Griya Lestari Tbk (HOTL), PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME), PT Multi Agro Gemilang Plantation Tbk (MAGP), PT Trans Power Marine Tbk (TPMA), PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk (ISSP), PT Dyandra Media International Tbk (DYAN), PT Austindo Nusantara Jaya Tbk(ANJT), PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU), PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), PT Apexindo Pratama Duta (APEX) (relisting), PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG), PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), PT Acset Indonusa Tbk (ACST), PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), dan PT Nusa Raya Cipta (NRCA). Emiten BUMN pertama yang melantai di bursa tahun ini masuk sebagai emiten ke 472 di BEI.


Thanks for reading: Saham Semen Baturaja Sempat Tembus Rp 700 per Lembar

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...