Friday, April 4, 2014

Rel Ganda KA Jakarta-Surabaya Rampung Akhir Bulan Ini

Jakarta - Double track (rel ganda) Jakarta-Surabaya ditargetkan selesai akhir April tahun ini. Target itu diharapkan terealisasi bersamaan dengan selesainya pembangunan kekurangan 103 km double track yang belum tersambung.

"Kekurangan 103 km ada di Surabaya-Bojonegoro. Paling cepat minggu ketiga April dan paling lambat akhir April," Hermanto Dwi Atmoko kepada wartawan di Stasiun Pasar Turi seusai menginspeksi double track sepanjang Semarang-Surabaya, Jumat (4/4/2014).

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan itu mengatakan, pembangunan double track di Surabaya yang belum rampung adalah di antara stasiun Kandangan hingga Stasiun Pasar Turi. Banyaknya pemukiman penduduk membuat pembangunan tersendat.

"Contohnya saja di Tandes, kami harus memindahkan jalan untuk membangun rel. Terpaksalah kami juga harus memindahkan rumah warga yang dilewati," lanjut Hermanto.

Dengan adanya double track nanti, kata Hermanto, secara otomatis terjadi peningkatan juga terhadap perjalanan kereta. Dari 84 keberangkatan, bisa meningkat menjadi 200 keberangkatan dalam satu harinya.

"Untuk kereta barang bisa meningkat dari 5 menjadi 15 keberangkatan dalam sehari," ujar Hermanto.

Selain peningkatan jumlah keberangkatan, waktu tempuh setelah double track rampung juga bisa dipersingkat. Dari 12 jam perjalanan sebelumnya, bisa dipangkas menjadi 9 jam. "Bisa irit waktu 3 jam," tandas Hermanto.


Thanks for reading: Rel Ganda KA Jakarta-Surabaya Rampung Akhir Bulan Ini

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...