Friday, April 4, 2014

Dicari Investor untuk Garap Pulau-pulau Kecil, Berminat?

Jakarta - Indonesia memiliki banyak potensi wisata bahari untuk dikembangkan namun mengalami keterbatasan modal untuk mengembangkannya. Sehingga pemerintah bakal menjaring para investor untuk menanamkan modalnya di pulau-pulau kecil.

Tercatat ada 92 pulau kecil terluar di Indonesia yang terdaftar di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sebanyak 31 diantaranya berpenduduk, sedangkan 61 pulau lainnya belum berpenduduk namun memiliki potensi ekonomi yang besar.

"Yang tidak berpenghuni sekalipun kalau memiliki potensi ekonomi akan kita kembangkan," kata Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil KKP Sudirman Saad di acara Peluncuran Buku Manikam Biru di Pagar Nusantara, di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (4/4/2014).

Menurut Sudirman, untuk mengembangkan potensi pulau-pulau terluar tersebut, pemerintah akan menjaring banyak investor. Salah satu contohnya adalah Pulau Nipah di perbatasan Singapura-Indonesia. Di Pulau tersebut, sudah ada investor dari dalam negeri yang mengembangkan infrastruktur penyimpanan minyak.

"Fasilitas tangki minyak untuk memasok kapal-kapal dari Singapura atau Indonesia yang melintas. Dari situ negara bisa mendapatkan pendapatan Rp 3 triliun lebih per tahun," terangnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo. Ia mengatakan, tak hanya investor dalam negeri, dari luar negeri pun akan disambut baik oleh pemerintah jika berminat untuk berinvestasi di pulau-pulau kecil dan terluar.

Seperti diketahui, selain pulau-pulau kecil terluar di Indonesia, ada 3 pulau yang digagas untuk menjadi saingan Malaysia, bahkan Maladewa. Pulau tersebut ialah Gugusan Pulau Pari (Jakarta), Anambas (Riau), dan Raja Ampat (Papua).

"Ini sebagai pilot project kita untuk menjual kepada investor itu untuk memanfaatkan, untuk dijadikan tempat pariwisata. Spotnya itu ada di barat, tengah dan timur," jelas Cicip.

Selain menanamkan modalnya, investor itu pun dituntut untuk menjaga kelestarian pulau-pulau tersebut. "Kalau kita diamkan itu cost kita tinggi sekali. Kita belum siap mengelola. Sehingga kalau kita bisa bekerja sama dengan investor ini," tutupnya.


Thanks for reading: Dicari Investor untuk Garap Pulau-pulau Kecil, Berminat?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...