Friday, April 4, 2014

Hanya 32% Jalur Tol Semarang-Solo yang Sudah Beroperasi

Jakarta - Pengerjaan Jalan Tol Semarang-Solo bagian dari Trans Jawa sepanjang 73 Km sudah rampung sampai seksi I dan II sepanjang 23 Km atau 32%, dan masih menyisakan tiga seksi lagi sepanjang 50 Km atau sekitar 68%. Targetnya pembebasan lahan yang masih tersisa bisa selesai akhir 2014.

"Akan dikerjakan setelah pembebasan tanahnya selesai, jadi nanti investornya segera tender. Ya akhir tahun ini, tapi semoga bisa dipercepat," kata Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto di pintu tol Bawen, Jawa Tengah, Jumat (4/4/2014).

Djoko menambahkan untuk tol Semarang-Solo pemerintah telah mengalokasikan dana Bantuan Layanan Umum (BLU) sebesar Rp 927 miliar untuk mendukung pembebasan lahan.

"Telah dikembalikan oleh PT Trans Marga Jateng (TMJ) sebesar Rp 247,5 miliar, serta dana dukungan (land capping) sebesar Rp 867 miliar dari APBN," pungkasnya

Jalan Tol Semarang-Solo terbagi dalam lima seksi yaitu seksi I Semarang-Ungaran (11 Km) sudah dioperasikan 10 November 2011, seksi II Ungaran-Bawen (11,95 km) yang dioperasikan hari ini (4/4) dan pernah dibuka sementara tanggal 31 Juli 2013 lalu karena menjelang arus mudik.

Kemudian seksi III Bawen-Salatiga (17,29 km), Seksi IV Salatiga-Boyolali (24,31 km), dan Seksi V Boyolali-Solo (8,41 Km) yang jumlahnya mencapai 50 Km.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan jika Tol Semarang-Solo sudah bisa digunakan seluruhnya, maka pilihan masyarakat untuk transportasi bisa lebih variatif karena KAI juga mereaktivasi rel ke Solo.

"Kita hitung-hitung ini kalau dari Semarang sampai Solo cuma 1 jam, jadi bersaing dengan PT KAI karena reaktivasi jalur yang ada, jadi masyarakat bisa memilih," ujarnya.

Selain pembebasan lahan Tol Semarang-Solo pada seksi III, IV, dan V tol, empat ruas tol Trans Jawa lainnya juga mengalami kendala serupa yaitu Tol Pejagan-Pemalang, Batang-Semarang, dan Ngawi-Kertosono. Ruas Tol tersebut merupakan bagian dari 10 ruas Tol Trans Jawa.

"Kontruksi gampang, dua sampai tiga tahun selesai, masalahnya pada pembebasan tanah," tegas Djoko.

Thanks for reading: Hanya 32% Jalur Tol Semarang-Solo yang Sudah Beroperasi

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...