Monday, July 8, 2013

Terkendala Pembebasan Lahan, Proyek Tol Kunciran-Serpong Jalan di Tempat

Jakarta - Proyek tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,9 kilometer bagian dari Jakarta Outer Ring Road II (JORR II) dipastikan molor dari target operasi 2013. Proses pembebasan lahan yang baru mencapai 3,8% tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum Achmad Ghani Ghazali saat ditemui detikFinance, pekan lalu di kantornya.

"Itu tanahnya sudah ada progres sebetulnya untuk di seksi II, baru 3,8%. Itu pun yang 3,8% itu sudah lama, dari dulu itu. Udah lama, saya nggak tahu berapa tahun itu udah lama," kata Ghani.

Awalnya, tol milik Jasa Marga dan Astratel ini ditargetkan dapat dilintasi kendaraan di tahun 2013 ini. Namun karena alotnya permasalahan lahan yang dihadapi, Ghani memastikan proyek ini akan molor hingga tahun 2015 nanti.

"Kita harapkan tahun 2013 ini sudah ada pembayaran (ganti rugi lahan), semua mundur jadi 2015," katanya.

Sementara itu, secara terpisah Corporate Secretary PT Jasa Marga Tbk, David Wijayatno mengatakan, pihaknya akan mendorong pemerintah daerah untuk mempercepat pembebasan lahan. ihaknya belum bisa melakukan pekerjaan fisik apapun jika belum ada pembebasan lahan.

"Jasa Marga hanya kalau tanahnya ini selesai, kita masuk untuk konstruksi. Makanya kita minta ini dipercepat," tuturnya.

Proyek ini menelan investasi sebesar Rp 2,6 triliun, termasuk biaya pembebasan lahan senilai Rp 990 miliar. Tol ini akan tersambung mulai dari Kunciran-Parigi, Parigi-Serpong. Badan Usaha Jalan Tol untuk ruas ini ialah PT Marga Trans Nusantara.


Jaringan JORR II menghubungkan Bandara Soekarno Hatta-Kunciran-Serpong-Cinere-Jagorawi-Cibitung-Cilincing-Tanjung Priok. Meliputi, untuk sisi barat antaralain ruas tol Cengkareng-Kunciran sepanjang 15,2 Km investasi Rp 3,49 triliun, Kunciran-Serpong sepanjang 11,2Km investasi Rp 2,62 triliun, ruas Serpong-Cinere 10,14 Km investasi Rp 2,21 triliun, Cinere-Jagorawi sepanjang 14,6 Km investasi Rp 3,17 triliun.

Kemudian sisi timurnya ada tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,4 km investasi Rp 4,5 triliun, Cibitung-Cilincing sepanjang 34,5 km dengan investasi Rp 4,22 triliun. Saat ini yang sudah selesai dibangun dan dioperasikan adalah tol Jagorawi-Cimanggis sepanjang 3,4 Km.




Thanks for reading: Terkendala Pembebasan Lahan, Proyek Tol Kunciran-Serpong Jalan di Tempat

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...