Monday, July 8, 2013

Pembebasan Lahan Proyek Tol Cijago Tahap II Belum Sampai 50%

Jakarta - Ruas tol Cinere-Jagorawi (Cijago) saat ini sudah sampai masuk dalam tahap pelelangan seksi II (Jalan Raya Bogor-Kukusan Depok). Pembebasan lahannya baru mencapai 47%, sedangkan seksi III dari Kukusan-Cinere masih dalam tahap inventarisasi lahan.

Seluruh tol Cijago sepanjang 14,7 Km tol ditargetkan akan mulai beroperasi pada pertengahan 2015 nanti. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum, Achmad Ghani Ghazali mengatakan, proses pembebasan lahan untuk seksi II sudah mencapai 47%.

"Kalau tanah itu baru 47% yang seksi II, Jalan Raya Bogor sampai Kukusan, seksi I sudah beroperasi (Cimanggis-Jagorawi 3,4 Km). Seksi 3 dari Kukusan sampai Cinere baru mulai sosialisasi, inventarisasi," kata Ghani saat ditemui detikFinance pekan lalu di kantornya.

Ghani mengatakan walaupun masih dalam tahap pelelangan, pengerjaan di seksi II khususnya di Raya Bogor sedang dibangun underpass atau terowongan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di wilayah tersebut.

Menurutnya jika tak terkendala masalah pembebasan lahan, awalnya proyek ini seluruhnya ditargetkan beroperasi di tahun 2014 yang tercantum di dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) antara Badan Usaha Jalan Tol dengan BPJT.

"Ya sebetulnya rencana kita operasi di 2014 semua, malah seksi II itu rencana kita di akhir 2013, karena kendala tanah ya mundur. 2015 lah, harus realistis," kata Ghani.

Total investasi dari tol ini mencapai Rp 2,62 triliun termasuk biaya pembebasan lahan sebesar Rp 930 miliar. Pemegang konsesi dari tol ini ialah PT Trans Lingkar Kita Jaya.


Thanks for reading: Pembebasan Lahan Proyek Tol Cijago Tahap II Belum Sampai 50%

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...