Saturday, June 8, 2013

Indonesia-China Bahas Rancangan Kerjasama Ekonomi Lima Tahun ke Depan

Jakarta - Dalam upaya mendorong program kerjasama ekonomi, perdagangan dan investasi Indonesia-China, pada tanggal 6-7 Juni 2013 di Beijing telah digelar pertemuan kelompok ahli ke-2 untuk membahas program kerjasama bilateral dalam kurun 5 tahun ke depan (The Second Expert Meeting of Indonesia-China Five Year Development Program).

Seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (8/6/2013), bertindak sebagai tuan rumah adalah Kementerian Perdagangan China dan State Development Investment Corporation (SDIC). Delegasi China dipimpin oleh Wakil Presiden SDIC Li Bing, sedangkan Delegasi RI dipimpin oleh Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Asia Kementerian Perekonomian RI Bobby C. Siagian, dan dihadiri oleh anggota delegasi dari kedua belah yang berasal dari berbagai instansi terkait.

Sebelum melakukan pertemuan dengan pihak China, Delegasi RI terlebih dahulu melakukan rapat koordinasi internal di KBRI Beijing dan mendengarkan arahan dari Duta Besar RI untuk China dan Mongolia Imron Cotan.

Imron menyampaikan, melalui program kerjasama yang akan disepakati nanti, diharapkan China dapat ikut membantu upaya Indonesia melakukan pembangunan infrastrukur dan mewujudkan konektivitas wilayahnya, baik inner connectivity Indonesia dengan negara-negara di kawasan maupun domestic connectivity.

Indonesia dapat menarik pelajaran dari pembangunan infrastruktur RRT yang sukses membangun sarana infrastruktur secara masif sehingga mendorong pesat ekonominya.

Dalam pertemuan antara Delegasi RI-RRT kedua belah pihak sejauh ini menyepakati untuk melakukan kerjasama di sektor pertanian, perikanan, energi, pertambangan, infrastruktur transportasi dan pekerjaan umum, komunikasi, manufaktur, industri metalurgi, jasa dan pengembangan kawasan ekonomi yang terdapat dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Berbagai kesepakatan kerjasama yang tertuang dalam pertemuan tersebut akan dituangkan dalam suatu dokumen kesepakatan sebagai realisasi komitmen China untuk mendukung proyek-proyek MP3EI. Diharapkan pula dokumen perjanjian dapat menjadi salah satu capaian (deliverable) yang akan disepakati pada saat pertemuan bilateral antara pemimpin kedua negara pada tahun 2013 ini.

Pertemuan kelompok ahli ke-2 merupakan kelanjutan pertemuan pertama di Bali, Juli 2012 dan tindak lanjut dari pertemuan antara Menteri Koordinator Perekonomian RI dan Wakil Perdana Menteri China yang menyepakati untuk membentuk Working Group MP3EI.

Jika hasil-hasil pembahasan dalam pertemuan kelompok ahli dapat disepakati, maka pertemuan berikutnya direncanakan akan berlangsung pada tingkat Working Group, sebelum nantinya disepakati pada tingkat Menteri Koordinator dan Wakil Perdana Menteri.


Thanks for reading: Indonesia-China Bahas Rancangan Kerjasama Ekonomi Lima Tahun ke Depan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...