Friday, June 7, 2013

Dapat Jatah Impor Daging, Bulog Diminta Tekan Harga Skala Nasional

Jakarta - Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan Permendag No. 22/2013 yang memberikan tugas khusus Perum Bulog untuk menstabilkan harga daging sapi. Bulog nantinya diharapkan dapat mengintervensi pasar Jabodetabek sehingga harga daging sapi skala nasional bisa ditekan.

"Saya ingat betul Bulog ditugaskan besarannya itu 3.500 ton ini kuota sementara. Ini operasi pasar yaitu ke pasar atau kita derek. Sementara hanya untuk Ramadan dan Lebaran. Tujuannya adalah penekanan harga," kata Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi saat berdiskusi dengan media di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Jumat (07/06/2013).

"Terserah Bulog tapi ada tekniknya. Target harga sesuai dengan apa yang diharapkan Pak Menteri (Menteri Perdagangan) Rp 75-80 ribu/kg skala nasional. Contoh untuk beras, Bulog hanya menyerap 8% dari total nasional. Saya tidak takut dengan jumlah yang kecil," tutur

Ia punya alasan mengapa Bulog harus intervensi harga daging di Jabodetabek. Hal ini dikarenakan konsumsi daging terbesar Indonesia adalah di Jabodetabek.

"Di Jabodetabek itu konsumsi daging terbesar di Indonesia," imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya dan Kementerian Pertanian mengeluarkan kebijakan khusus untuk Bulog.

"Ini keputusan bersama dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian dan di rakor Menko Perekonomian. Kementan pun memahami betul langkah untuk operasi pasar. Dasar hukumnya Permendag dan Permentan," tandasnya.

Sementara itu Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi masih menghitung alokasi kuota impor daging untuk Bulog. Ia memastikan keputusan nantinya tidak akan merugikan peternak lokal.

"Saya yakin Bulog bisa (menekan harga daging), ini kuota lagi nunggu rapat penentuan. Usulan kita antara 3.000 hingga 5.000 ton namun ini kita lihat lagi. Tetapi kita amankan kepentingan para peternak," cetusnya.


Thanks for reading: Dapat Jatah Impor Daging, Bulog Diminta Tekan Harga Skala Nasional

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...