Tuesday, April 16, 2013

Tanah Abang-Maja Terhubung Jalur Ganda, Jumlah Penumpang KA Bisa Naik 100%

Jakarta - Pergerakan masyarakat dari Banten menuju Jakarta atau sebaliknya semakin meningkat termasuk yang menggunakan transportasi kereta api (KA).

Jalur kereta yang beroperasi sekarang mampu menampung hingga 65.000 orang setiap harinya. Diperkirakan jika jalur ganda KA Tanah Abang-Maja sudah beroperasi fungsional, jumlah penumpang tersebut akan naik 2 kali lipat atau 100%.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Tundjung Inderawan saat ditemui di sela acara persemian jalur ganda Serpong-Parung Panjang di Stasiun Cisauk, Tangerang, Banten, Rabu (17/4/2013).

"Bisa 2 kali lipat, bisa (menjadi 13.000 penumpang)" tutur Tunjung.

Ia menambahkan, untuk 1 rangkaian kereta api jalur tersebut mampu menampung hingga 1.136 orang. Jika lintasan jalur ganda sudah beroperasi secara fungsional, maka dapat diperkirakan penumpang yang diangkut pun akan semakin besar.

"Kalau lintasannya memungkinkan okupansinya naik," jelas Tundjung.

Saat ini, jalur ganda yang terhubung secara fungsional hanya untuk jalur Tanah Abang-Serpong-Parung Panjang. Sedangkan untuk jalur Parung Panjang-Maja, masih dalam tahap elektrifikasi atau memasang sistem kelistrikan.

"Selesainya Insya Allah tahun 2013 akhir, dan beroperasi awal 2014," tutupnya.


Thanks for reading: Tanah Abang-Maja Terhubung Jalur Ganda, Jumlah Penumpang KA Bisa Naik 100%

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...