Wednesday, April 17, 2013

Menteri PU: Kepercayaan Dunia pada RI Terus Meningkat

Muenchen - Terpilihnya Indonesia sebagai partner country (negara mitra) di Bauma, Muenchen, akan semakin meningkatkan ketertarikan dan kepercayaan dunia pada Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri PU Joko Kirmanto dalam pidato sambutannya pada pembukaan Bauma 2013, sebuah pameran khusus perdagangan terbesar di dunia untuk mesin-mesin konstruksi, mesin berat dan ringan untuk pembangunan, pertambangan, dan alat-alat transportasi-logistik di Muenchen, Jerman.

"Dengan pertumbuhan ekonomi cukup tinggi, stabilitas nasional, pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang terus meningkat, Indonesia menjanjikan potensi dan kesempatan bagi para investor," ujar Menteri.

Sebagai negara mitra, Indonesia berkesempatan luas untuk mempromosikan pembangunan kepada dunia internasional, mengembangkan dan memperkuat jaringan di tingkat global untuk memberikan kontribusi berharga bagi pembangunan infrastruktur berkelanjutan dan pengembangan pertambangan yang diharapkan akan terus mendorong peningkatan ekonomi Indonesia.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle mengatakan bahwa Indonesia adalah negara dengan potensi luar biasa.

"Dengan pertumbuhan ekonomi maupun stabilitas cukup terjaga, Indonesia adalah mitra jangka panjang yang saling menguntungkan. Selain itu, Indonesia juga memainkan peran penting di kawasan maupun di tingkat dunia," papar Menlu Westerwelle.

Counsellor Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Berlin Ayodhia Kalake dalam keterangan pers kepada detikfinance menyebutkan bahwa terpilihnya Indonesia sebagai negara mitra pada event besar di Jerman ini merupakan kali kedua.

"Sebelumnya Indonesia juga terpilih sebagai negara mitra pada pameran pariwisata terbesar di dunia, Internationale Tourismus Borse di Berlin pada Maret," demikian Kalake, Rabu (17/4/2013).

Hadir pada seremoni pembukaan Bauma antara lain Wakil Perdana Menteri Negara Bagian Bavaria dan Menteri Ekonomi, Infrastruktur, Transportasi, dan Teknologi Negara Bagian Bavaria, CEO Messe Muenchen, para pejabat pemerintah setempat, delegasi manca negara serta perwakilan industri terkait.

Pameran Bauma diadakan 3 tahun sekali selama 7 hari di Muenchen. Tahun ini adalah penyelenggaraan ke-30 dan berlangsung pada 15 April - 21 April 2013, diikuti oleh lebih dari 3.400 eksebitor dari 57 negara. Sebelumnya pada 2010 pameran ini menyedot lebih dari 3.000 eksebitor dan sekitar 415.000 pengunjung mancanegara.

Pembukaan pameran ini dimeriahkan dengan tarian Bajidor Kahot dari Jawa Barat dan mendapat aplaus membahana dari para tamu undangan yang memenuhi gedung bersejarah The Cuvillies Theater, Residenz Muenchen.


Thanks for reading: Menteri PU: Kepercayaan Dunia pada RI Terus Meningkat

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...