Sunday, April 21, 2013

Kunjungi Petani Gorontalo, Dahlan Lepas Sepatu Boots Nyebur ke Sawah

Jakarta - Kedatangan menteri BUMN Dahlan Iskan di Desa Toluwaya Kecamata Bolango Timur, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo Minggu (21/4/2013) disambut oleh ratusan petani. Kunjungan pendiri Jawa Pos grup ini, untuk melakukan penanaman padi bersama petani di Bone Bolango.

Dahlan Iskan tiba dilokasi sekitar pukul 10.30 WITA, ia langsung menyalami satu persatu warga yang sudah menanti sejak pagi termasuk para petani.

"Usai menyalami warga, Dahlan langsug terjun ke lokasi pesawahan di Desa Toluwaya. Menariknya saat akan melakukan penanaman Dahlan melepas sepatu boots yang dipakainya. Beberapa pejabat tinggi daerah ini pun ikut melepaskan sepatu boots-nya," kata Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi kepada detikFinance, Minggu (21/4/2013)

Menurut Faisal, aksi Dahlan tersebut membuat petani yang menyaksikan penanaman padi kagum. Sebab pemandangan ini jarang dan sangat langka dilakukan oleh para pejabat.

"Ini baru pejabat. Ingin merasakan langsung apa yang dialami petani," kata salah seorang warga yang menyaksikan kejadian itu.

Faisal menuturkan, Dahlan juga kagum dengan hasil produksi pertanian di Bone Bolango. Ia juga sempat menanyakan pola tanam dan pupuk yang digunakan petani Bone Bolango yakni sistem jejer legowo 4.

"Karena mampu menjawab pertanyaan dari Dahlan, seorang petani diberi hadiah uang tunai sebesar Rp 2 juta yang akan digunakan membeli pupuk bersama petani lainnya. Waktu kecil saya sudah biasa tejun ke sawah," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Dahlan juga meluncurkan produk kopi Pinogu yang menjadi salah satu produk unggulan Bone Bolango. Ia bahkan menghabiskan dua cangkir kopi Pinogu. Pada kesempatan itu Plt Bupati Bone Bolango meminta agar Dahlan Iskan menjadi duta kopi Pinogu.

"Kalau Pak menteri jadi duta kopi Pinogu mudah-mudahan semua BUMN akan menjadikan kopi Pinogu sebagai minuman di setiap kegiatan. Jika ini terjadi rakyat Bone Bolango akan sejahtera," kata Plt Bupati Bone Bolango, Hamim Pou.

Selain tanam padi, Dahlan juga menyaksikan langsung demo mesin pembangkit listik tenaga biomas kapasitas 50 KVA. Sebelum menghadiri kegiatan di Desa Toluwaya Kecamatan Bulango Timur.


Thanks for reading: Kunjungi Petani Gorontalo, Dahlan Lepas Sepatu Boots Nyebur ke Sawah

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...