Monday, April 22, 2013

Jokowi Kantongi Nama Perusahaan Pemenang Tender MRT Jakarta

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Jokowi menegaskan minggu ini akan segera mengumumkan nama perusahaan pemenang tender proyek MRT Jakarta. Pengumuman nama perusahaan pemenang tender MRT sempat tertunda sejak November 2012 lalu.

"Minggu ini. Pemenang tender, dimulai, sudah ada pemenangnya. Tapi resminya harinya nggak tahu," kata Jokowi di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2013).

Jokowi menegaskan soal tanggung jawab dari proyek ini seharusnya diserahkan kepada manajemen PT MRT Jakarta yang 99,5% sahamnya dikuasai oleh Pemda DKI Jakarta.

"Yang bertanggung jawab mustinya manajemen MRT dong. Itu BUMD, semua BUMD nggak ada saya satupun yang bertanggung jawab mutlak di gubernur. Nanti kalau gitu saya nggak ngurusi pemerintahan, malah ngurusi MRT, karena saya bertanggung jawab mutlak maka tiap detik, tiap menit, tiap jam hanya ngurusi itu. Masak presiden juga suruh tanggung jawab BUMN? Yang bener aja, logika dong," ujarnya.

Sebelumnya Sebanyak 5 BUMN karya bersaing mengikuti tender pembuatan terowongan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Lima BUMN itu antara lain PT Wijaya Karya (Wika) Tbk, PT Adhi Karya Tbk, PT Waskita Karya, PT Hutama Karya (HK) dan PT PP.

Berikut ini konsorsium yang sempat lolos prakualifikasi konstruksi segmen bawah tanah (terowongan) proyek antara lain:

1. Kajima - Waskita Joint Operation

2. Obayashi - Shimizu - Jaya Konstruksi - Wijaya Karya

3. SMCC (Sumitomo) - HK Joint Operation

4. Taisei - PP Joint Operation

5. Tokyu - Adhi Joint Operation

Pada era kepemimpinan Fauzi Bowo, sempat disebut-sebut ada nama perusahaan nominasi pengerjaan proyek jalur bawah tanah yaitu Obayashi bersama Wijaya Karya (Wika) dan Sumitomo bersama Hutama Karya (HK).

Thanks for reading: Jokowi Kantongi Nama Perusahaan Pemenang Tender MRT Jakarta

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...