Friday, April 19, 2013

Jadi Plt Menteri Keuangan, Hatta Rajasa Anggap Sudah Biasa

Nusa Dua - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa memberikan pernyataannya resmi terkait pengangkatan dirinya menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Keuangan (Menkeu) menggantikan sementara Agus Martowardojo yang bergeser jadi Gubernur Bank Indonesia. Hatta menanggapi santai status rangkap jabatan yang melekat pada dirinya.

"Dengan adanya pengangkatan ini jangan dianggap rangkap jabatan sesuatu yang tidak normal. Itu sesuatu yang normal. Saya kira cepat (Menkeu yang baru terplih). Mungkin nanti setelah dilantik Pak Agus (Agus Martowardojo) ya mungkin barengan kali ya saya kira. Nggak lah, nggak lama saya menjabat," cetus Hatta saat ditemui di Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (19/04/2013).

Menurutnya, status pelaksana tugas (Plt) Menteri Keuangan bukanlah hal pertama baginya. Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Plt Menteri BUMN.

"Saya ini Plt udah sering sekali. PU juga saya lama dan BUMN juga lama saya. Pak Mustafa (Mustafa Abubakar) sakit saya Plt dan itu lama itu. biasanya kalau pejabat Plt hanya 3 bulan jadi BUMN, jadi saya sering jadi Plt. Ini bukan sesuatu yang tidak dipahami. Sebelum mengangkat saya menjadi Menkeu tugas mengangkat pelaksana tugas pernah juga terjadi oleh Menkokesra (Agung Laksono) yang menjabat jadi Menpora," jelasnya.

Ia pun dengan tegas menyampaikan bahwa status Menteri Keuangan hanyalah sementara dan setelah itu presiden yang memutuskan secara langsung siapa Menkeu permanen selanjutnya menggantikan Agus Martowardojo.

"Sekali lagi ini hanya sementara. Pokoknya orang-orang yang sudah dibahas di media itu (yang nanti jadi Menkeu)," sahutnya.

Sementara itu Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mendukung sepenuhnya keputusan presiden SBY yang mengangkat Menko Perekonomian Hatta Rajasa menjadi Plt Menteri Keuangan. Hatta Rajasa diangkat menjadi Plt Menteri Keuangan usai presiden SBY menerbitkan Keppres No 45-M/2013 Jumat (19/04/2013).

"Justru kita menyambutnya ini sebagai langkah yang strategis dan mendukung beliau dalam melaksanakan tugas-tugasnya," ungkap Bayu di tempat yang sama.

Bayu pun menilai keputusan ini adalah langkah praktis karena masa jabatan menteri akan selesai 2014 ini. "Jadi membacanya seperti ini, terutama dengan sisa waktu yang tidak banyak," imbuhnya.

Ia pun akan segera melaporkan beberapa hal terkait dunia perdagangan kepada Hatta terutama kebijakan di perbatasan yang dilakukan Bea Cukai. Selain itu ia juga akan menyerahkan beberapa program kerja besar Kementerian Perdagangan seperti agenda pertemuan tingkat tinggi APEC dan WTO yang akan diselenggarakan di Bali 2013 ini.

"Tentu kita maksimal untuk mendukung beliau. Yang jelas kalau dari sudut perdagangan melihat ada beberapa yang akan kita laporkan terhadap beliau terkait dengan APEC, WTO dan kebijakan-kebijakan di border (perbatasan) dan yang terkait dengan Bea Cukai itu adalah hal-hal yang akan kita laporkan kepada beliau sebagai update tentang situasi kita sekarang," katanya.


Thanks for reading: Jadi Plt Menteri Keuangan, Hatta Rajasa Anggap Sudah Biasa

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...