Friday, April 19, 2013

Ini Penyebab Harga Emas Antam Lebih Mahal daripada Toko Perhiasan

Jakarta - PT Aneka Tambang (Antam) menanggapi soal harga emas murni atau logam mulia di Antam jauh lebih mahal daripada di toko perhiasan di pasar umum. Padahal tingkat kemurniannya sama-sama 99,99% dan memiliki sertifikat.

"Harga logam mulia di toko perhiasan jauh lebih murah karena mereka biasanya tidak beli langsung di Antam tapi memang ngambil dari perusahaan tertentu yang mereka punya banyak scrap (emas tua) kemudian minta diolah ke kita menjadi logam mulia, biasanya kan jumlahnya banyak jadi harga bisa lebih murah," kata Kepala Unit Pemasaran Logam Mulia Aneka Tambang Tri Hartono kepada detikFinance, di Jakarta, Jumat (19/4/2013).

Tri mengaku, pihaknya bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan tertentu yang memang membutuhkan jasa pengolahan atau pemurnian logam mulia bersertifikat Antam.

"Kita kan ada kerjasama dengan beberapa perusahaan. Mereka kan biasanya punya banyak scrap. Nah, scrap itu diolah atau dilebur di kita menjadi logam mulia. Mungkin penjual logam mulia di toko perhiasan pesan dari mereka," kata Tri.

Selain itu, Tri mengaku, adanya biaya produksi yang tinggi seperti pengolahan atau pemurnian emas, manufaktur, percetakan dan sertifikasi membuat harga emas Antam bisa lebih tinggi dari emas di toko perhiasan.

"Kita kan banyak ongkos produksinya. Kayak biaya pengolahan atau pemurnian, manufakturnya, percetakannya, sertifikasinya, dan lain-lain," terangnya.


Thanks for reading: Ini Penyebab Harga Emas Antam Lebih Mahal daripada Toko Perhiasan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...