Tuesday, April 23, 2013

Impor Dibatasi, Harga Apel Washington Naik 100%

Jakarta - Pembatasan buah impor yang dilakukan oleh pemerintah berdampak pada harga buah-buahan impor di tingkat ritel yang melonjak drastis.

Wakil Sekjen Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Satria Hamid menyatakan harga buah apel impor per kg di tingkat ritel saat ini harganya sudah mencapai Rp 127.000. Padahal harga normal sebelum terjadi lonjakan harga masih sekitar Rp 50.000-60.000 per Kg atau naik 100% lebih.

"Harga hari ini 1 kg untuk apel impor (Washington) adalah Rp 127.500/kg jadi ini fenomenanya," ungkap Satria Hamid saat berdiskusi dengan Media di acara HIPMI Jakarta, Selasa (23/04/2013).

Selain harga buah impor yang melonjak di tingkat ritel, harga buah lokal pun demikian. Harga buah lokal seperti manggis dan alpukat juga mengalami kenaikan karena cuaca ekstrem dan distribusi yang terganggu.

"Harga buah lokal pun demikian juga mengalami kenaikan seperti manggis dari Rp 14.000/kg menjadi Rp 17.000/kg dan alpukat dari Rp 15.000 menjadi Rp 19.000 /kg," jelasnya.

Untuk itu ia meminta pemerintah agar lebih serius memperhatikan para pelaku buah impor yang terkait mulai dari sisi produksi, distribusi dan konsumsi. Selain itu pendekatan yang adil dan fair untuk setiap komoditi produk dalam negeri. Kebijakan yang tepat dan terukur tentunya akan mendorong tumbuhnya perekonomian dan menguntungkan semua pihak.

"Hal ini karena adanya pembatasan produk impor produk hortikultura yang masuk. Buah lokal seharusnya bisa men-support secara keberlangsungan. Kami men-support buah lokal untuk masuk ke ritel. Kami mempunyai konsumen yang beragam dan menitikberatkan pada konsumen itu sendiri sehingga kami meminta agar produksi dan distribusi bisa dilakukan agar bisa berkelanjutan," tandasnya.


Thanks for reading: Impor Dibatasi, Harga Apel Washington Naik 100%

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...